Berikut hal-hal yang dapat mencegah ngantuk saat belajar!
1. Niat dan komitmen yang besar
Adanya relasi niat dan komitmen akan membuat diri menjadi lebih memperhatikan. Peduli dengan kegiatan yang dilakukan. Belajar itu mengasyikkan! Ubah mindset kalau belajar itu membosankan.
Niat yang telah tertata berdampak pada komitmen ke depannya. Timbulkan rasa ketagihan dalam belajar. Tentunya dengan menjaga komitmen di awal. Apa sih tujuan kita belajar?
Niat yang telah tertata berdampak pada komitmen ke depannya. Timbulkan rasa ketagihan dalam belajar. Tentunya dengan menjaga komitmen di awal. Apa sih tujuan kita belajar?
2. Gerakkan mulut
Apabila sudah mulai mengantuk, lakukan gerakkan mulut. Contohnya senam mulut, makan buah, dan mengunyah permen karet. Adanya aktivitas di mulut akan membuat otak bekerja lebih intens.
Salah satu aktivitas mulut yang penulis sarankan yakni mengunyah permen karet. Selain dikunyah untuk membersihkan gigi, merangsang produksi air liur dan napas segar, meredakan ketegangan, membantu pencernaan, dan memperbaiki suasana hati. Permen karet juga memiliki manfaat lain.
Dilansir dari website psychologytoday.com yang ditulis oleh Arash Emamzadeh, menjelaskan bahwa permen karet dapat meningkatkan kinerja diri. Lebih jelasnya dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam Applied Cognitive Psychology edisi Maret / April 2019, Ginns dan rekannya berpendapat bahwa mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan pembelajaran. Perhatian dan kewaspadaan yang meningkat ini mendukung kegiatan belajar Anda dan mencegah rasa ngantuk.
Salah satu aktivitas mulut yang penulis sarankan yakni mengunyah permen karet. Selain dikunyah untuk membersihkan gigi, merangsang produksi air liur dan napas segar, meredakan ketegangan, membantu pencernaan, dan memperbaiki suasana hati. Permen karet juga memiliki manfaat lain.
Dilansir dari website psychologytoday.com yang ditulis oleh Arash Emamzadeh, menjelaskan bahwa permen karet dapat meningkatkan kinerja diri. Lebih jelasnya dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam Applied Cognitive Psychology edisi Maret / April 2019, Ginns dan rekannya berpendapat bahwa mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan perhatian, kewaspadaan, dan pembelajaran. Perhatian dan kewaspadaan yang meningkat ini mendukung kegiatan belajar Anda dan mencegah rasa ngantuk.
3. Catat materi yang disampaikan
Kegiatan mencatat ini juga mampu meningkatkan fokus seseorang dalam belajar. Pastinya akan ada konektivitas antara penglihatan, pendengaran, dan peraba. Hal ini meningkatkan kinerja otak untuk menerima dan merespon stimulus dari luar.
Menurut Crow dalam (Purba, 2009) membuat catatan-catatan fakta yang sukar dan poin penting materi yang diajarkan biasanya sangat bermanfaat. Siswa yang memiliki daya ingat kurang baik dapat belajar dari catatan yang dibuat dan dikreasikan sendiri. Metode pencatatan akan dapat membantu siswa mengingat materi yang diberikan guru, karena siswa memiliki beberapa tambahan informasi pelajaran.
Oleh karena itu, kegiatan mencatat perlu Anda lakukan ketika belajar offline maupun online. Dampak yang diberikan pun berkelanjutan. Coba dan lihat dampaknya secara berkala!
4. Waktu efektif untuk menerima informasi
Analisis waktu belajar Anda. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk menangkap dan memahami materi lebih baik. Jangan mengambil waktu yang sering membuat Anda bosan untuk berpikir lebih kritis. Gunakan waktu tersebut dengan membaca cepat. Setidaknya ada pengulangan belajar walaupun dengan waktu yang singkat.
Upaya-upaya mencegah ngantuk saat belajar ini perlu Anda coba. Belajar online maupun offline akan lebih menyenangkan. Serta, dapat meningkatkan produktifitas Anda.
Upaya-upaya mencegah ngantuk saat belajar ini perlu Anda coba. Belajar online maupun offline akan lebih menyenangkan. Serta, dapat meningkatkan produktifitas Anda.
Referensi
Ginns, P., Kim, T., & Zervos, E (2019). Chewing gum while studying: Effects on alertness and test performance. Applied Cognitive Psychology, 33, 214-224.
https://www.google.com/amp/s/www.psychologytoday.com/us/blog/finding-new-home/201905/chew-or-not-chew-gum-when-studying%3famp
Ginns, P., Kim, T., & Zervos, E (2019). Chewing gum while studying: Effects on alertness and test performance. Applied Cognitive Psychology, 33, 214-224.
https://www.google.com/amp/s/www.psychologytoday.com/us/blog/finding-new-home/201905/chew-or-not-chew-gum-when-studying%3famp
loading...
Bravo...
BalasHapusThanks mas
Hapus