Langsung ke konten utama

Kampus yang Terbungkus



Ada yang hilang dan menjadi kenang. Apa kabar kampus yang tak lagi berpenghuni Mahasiswa dan Mahasiswi? Buku-buku perpustakaan pun tak lagi menjadi hidangan. Semua beralih ke webinar. Hingga banyak orang yang telah bosan. Hal apa saja sih yang telah hilang di masa pandemi?

1. Ruang kelas penuh cerita


Rasalah yang tak bisa tergantikan. Suasana kelas telah memberi berbagai kisah. Seperti halnya berebut menjawab kuis. Butuh kecepatan dan ketepatan dalam menjawab. Namun, terkadang bagi yang berpostur kecil sering tak terlihat. 

Oleh karena itu, penulis tak pernah bosan untuk menempati bangku depan. Tentunya akan mempermudah untuk dilihat dosen ketika angkat tangan, dapat mendengar dengan jelas penjelasan, dan mampu mencatat tulisan di papan. Serta, menguji detak jantung yang sering tak karuan.

2. Diskusi bersama dengan melingkar


Selain itu, tak jarang dosen menyuruh Mahasiswa untuk membuat kelompok belajar. Kelompok yang sudah tercukupi anggotanya disegarakan berdiskusi sesuai topik yang telah dibagi. Upaya menyatukan pendapat dari beragamnya jawaban menjadi tanggungjawab ketua kelompok.

Sederhana tetapi memberi banyak makna. Saat diskusi, Mahasiswa secara tidak langsung akan dituntut untuk mengolaborasikan gagasan, memberanikan diri berpendapat, dan biasanya mempresentasikan di hadapan kelompok lain. Tentunya toleransi yang tinggi diperlukan jika tidak diskusipun akan mengalami kebuntuan. Tak jarang ketegangan saat diskusi harus diredakan dengan sedikit canda tawa.

3. Perpustakaan yang menjadi tujuan Mahasiswa tingkat akhir


Tak dapat dipungkiri Mahasiswa akan berlomba-lomba mencari berbagai referensi ketika akan menyiapkan proposal skripsi. Namun, tak menutup kemungkinan Mahasiswa baru berkunjung ke sana. Walau hanya melihat-lihat macam buku kemudian keluar lagi tanpa meminjam.

Kebingungan di awal masuk perpustakaan masih banyak yang mengalami. Mulai dari cara peminjaman, buat kartu perpustakaan, dan sulitnya mencari buku yang dibutuhkan. Walaupun sosialisasi sudah diterapkan. Mahasiswa merasa kesulitan mencari buku bukan karena tidak ada bukunya melainkan tidak tau kategorinya. Banyak pula yang terlambat mengembalikan dan akhirnya kena denda berlipat ganda. 

4. Kawan debat, jajan, dan jalan-jalan


Siapa yang tak rindu dengan keluguan kawan. Heroiknya ketika menuntaskan deadline tugas. Perdebatan yang berujung candaan. Serta, bertukar cerita tentang kebudayaan maupun curhat atas cacian dan makian.

Semua terangkum tanpa sengaja. Hal ini akan sulit dilupakan. Emosi negatif dan positif terbangun hingga menumbuhkan kepekaan. Peka terhadap alam, benda maupun manusia. []
loading...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ekonomi Kreatif, Lestarikan Budaya

Disbudpar Kota Blitar, Stakeholder, Batik Mawar Putih  Kita tidak asing lagi dengan kosakata ekonomi kreatif dan pelestarian budaya. Tingkatan pemerintah daerah mendorong program tersebut. Bagaimana tidak? Fasilitas berbagai agenda kebudayaan telah ada di Kota Blitar. Apalagi menjelang bulan pertengahan hingga akhir tahun, selalu disemarakkan dengan festival. Kali ini Zulfa Ilma Nuriana hadir bersama Ikla Harmoa dalam sarasehan stakeholder yang diselenggarakan oleh Disbudpar Kota Blitar. Mereka sebagai perwakilan Forum Lingkar Pena Blitar. Keseruan mengikuti agenda ini terwujud dalam sesi tanya jawab yang diawali dengan promosi company. Selain itu, usai agenda pun bisa berbincang dengan narasumber maupun yang lain. Agenda ini lebih hidup karena ada sesi belajar.  Sesi belajar atau umumnya dikatakan seminar ini bertajuk Strategi Industri Kreatif Lokal Menembus Pasar Global. Pematerinya ialah sepasang suami istri bernama Yogi Rosdianta dan Santika Mawar dari Batik Mawar Putih. Materi yan

Kereta Lagi, Kereta Terus

Pengambilan Foto di jalan Sultan Ahmed, Istanbul  Perjalanan pada Januari 2020 lalu begitu berkesan. Karena banyak hal yang dapat Zulfa eksplor di Türkiye, khususnya daerah Istanbul. Berbekal jiwa nekad dan ridho orang tua, Zulfa memberanikan diri untuk mengikuti agenda Konferensi Tingkat Tinggi. Bonusnya ia bisa extend 6 hari di Istanbul. Enaknya di kota ini kita kemana-mana dengan kereta. Ada kereta di jalan raya dan bawah tanah. Pemanfaatannya juga gampang yang penting punya saldo di Istanbul Card. Cukup padat transportasi umum dan pribadi. Karena selama di sini, Zulfa selalu menjumpai kendaraan. Tapi itu ada di jalan raya.  Jalan-jalan kecil hanya ada kendaraan pribadi. Bedanya budaya antri di Istanbul dan Blitar itu begitu kontras. Ketika Zulfa antri, ia hanya melihat sedikit tempat duduk untuk menunggu. Cukup kaget juga, ternyata lebih banyak antri berdiri dan tinggal masuk daripada duduk di kursi tunggu. Kala itu ia sempat berpikir, "Gercep amat orang-orang masuk ke kereta

Perburuan Tiket Konferensi di Türkiye

Zulfa Ilma Nuriana dalam Koran Jawa Pos tahun 2020 Tiket pesawat yang bikin jantung up and down . Belinya aja tiga hari sebelum tanggal keberangkatan. Hubungin banyak orang di tengah malam. Gak tahu gimana proses belinya. Jalan kepepet kulalui yakni beli pada agen tiket. Awalnya dapat tiket yang perlu transit. Tapi tiket tersebut terdahului oleh yang lain, aku pun dicarikan lagi. Syukur sekali aku justru dapat tiket yang pulang pergi tanpa transit dengan maskapai Turkish Airlines.  Perjalanannya pun juga tak singkat. Hampir 12 jam di dalam pesawat Turkish Airlines. Namun tak melelahkan karena fasilitasnya begitu baik. Kunikmati dengan mendengar murotal, lagu, mengamati langit, tidur, makan, ibadah, dan menonton film pada monitor atau TV kecil. Mau menyicil penelitian, tapi tak bisa karena melihat layar laptop bikin pusing. Sempat terjadi turbulence yang cukup lama. Alhamdulillah tidak begitu terasa guncangannya meski panik juga di awal.  Perjalanan menuju konferensi Istanbul Youth Sum